Minggu, 12 Oktober 2014

GIANT SEA WALL JAKARTA

Satu solusi jitu yang tengah dipersiapkan pemerintah guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang mengepung Jakarta yaitu dengan pembuatan tanggul di pantai utara Jakarta, tepatnya di teluk Jakarta yang dikenal dengan sebutan Giant Sea Wall. Di mana tanggul ini nantinya akan membendung teluk Jakarta sehingga air laut tidak terhubung langsung dengan pantai utara Jakarta.


Dengan adanya bendungan dan waduk yang terbentuk, maka air dari 13 sungai yang mengalir di Jakarta akan tertampung sementara di danau buatan itu. Genangan air akibat banjir saat curah hujan tinggi dapat dikurangi karena air yang mengalir ke sungai dapat segera menuju utara dan kemudian dipompa ke laut. Selain itu, genangan air tawar di danau itu akan dapat digunakan sebagai bahan baku pengolahan air bersih. 

Tanggul yang berupa pulau-pulau kecil, nantinya akan menjadi area baru bagi perkembangan kota Jakarta. Selain untuk area komersil seperti kantor dan hiburan, juga sebagian menjadi area perumahan. Dan di atas tanggul itu akan melintas jalan tol Jakarta Outer Ring Road yang tersambung ke jaringan jalan tol yang sudah ada sebelumnya. Dengan begitu, kemacetan yang kerap terjadi diharapkan bisa dikurangi.

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia