Sabtu, 25 Oktober 2014

ALAT PEMADAT TANAH

Pemilihan alat pemadatan tanah disesuaikan dengan kepadatan yang akan dicapai. Pada pelaksanaan di lapangan, tenaga pemadatan diukur dalam jumlah lintasan alat pemadat dan berat alat pemadat itu sendiri. Alat pemadat maupun tanah yang akan dipadatkan bermacam-macam jenisnya, oleh sebab itu pemilihan alat pemadat harus disesuaikan dengan jenis tanah yang akan dipadatkan agar tujuan pemadatan tercapai. 

Peralatan yang digunakan sehubungan dengan pekerjaan pemadatan tanah umumnya ada dua jenis, yaitu yang dilaksanakan secara mekanis dan yang dilaksanakan secara manual. Peralatan mekanis digerakkan oleh tenaga mesin sehingga pekerjaan pemadatan dapat dilaksanakan secara lebih cepat dan lebih baik. Adapun jenis-jenis peralatan yang umum digunakan antara lain adalah penggilas getar (vibration roller) yang mempunyai efisiensi pemadatan yang sangat baik. 


Lalu, penggilas besi berpemukaan halus (smooth steel roller) dengan silinder baja yang berpemukaan rata (halus). Alat ini cocok digunakan untuk pekerjaan penggilasan akhir pada tanah pasir atau lempung. Penggilasan dengan memakai alat tipe ini tidak dianjurkan untuk pekerjaan yang mengharuskan tingkat pemadatan yang tinggi pada lapisan yang tebal.

Adapun tipe alat ini di antaranya adalah three wheel roller yang sering disebut penggilas Mac Adam, karena jenis ini sering digunakan dalam usaha-usaha pemadatan material berbutir kasar. Pemadat ini mempunyai 3 buah roda silinder baja dan untuk menambah bobot pemadat jenis ini, roda silinder dapat diisi dengan air atau pasir. Pada umumnya berat penggilas ini berkisar antara 6 dan 12 ton.

Tipe lain adalah tandem roller. Penggunaan alat ini umumnya bertujuan mendapatkan permukaan yang agak halus. Alat ini mempunyai 2 buah roda silinder baja dengan bobot 8 s/d 14 ton dan penambahan bobot dapat dilakukan dengan menambahkan air.

Lalu tipe pneumatic tired roller (PTR). Roda-roda penggilas ini terdiri atas roda-roda ban karet. Susunan roda muka dan belakang berselang-seling sehingga bagian dari roda yang tidak tergilas oleh roda bagian muka akan tergilas oleh roda bagian belakang. Tekanan yang diberikan oleh roda terhadap permukaan tanah dapat diatur dengan cara mengubah tekanan ban. PRT ini cocok digunakan untuk pekerjaan penggilasan bahan granular.

Sedangkan jenis peralatan manual digerakkan dengan tenaga manusia atau hewan, sehingga pekerjaan pemadatan dilaksanakan secara lebih lambat dan hasil pemadatannya kurang memuaskan, tetapi sangat berguna untuk pelaksanaan pemadatan di daerah terpencil atau perdesaan  karena sulit untuk mendatangkan peralatan pemadat mekanis ke sana dan biaya yang mahal.

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia