Sabtu, 29 Maret 2014

STRUKTUR BENTANG LEBAR


Bangunan bentang lebar merupakan bangunan yang memungkinkan penggunaan ruang bebas kolom yang selebar dan sepanjang mungkin. Bangunan bentang lebar biasanya digolongkan secara umum menjadi dua, yaitu bentang lebar sederhana dan bentang lebar kompleks.

Bentang lebar sederhana bearti bahwa konstruksi bentang lebar yang ada digunakan langsung pada bangunan berdasarkan teori dasar dan tidak dilakukan modifikasi pada bentuk yang ada. Sedangkan bentang lebar kompleks merupakan bentuk struktur bentang lebar yang dilakukan modifikasi dari bentuk dasar, bahkan kadang dilakukan penggabungan terhadap beberapa sistem struktur bentang lebar.

Struktur bentang lebar memiliki tingkat kerumitan yang berbeda satu dengan lainnya. Menurut ahli struktur Schodek, struktur bentang lebar dibagi ke dalam beberapa sistem struktur yaitu :
  1. Struktur Rangka Batang dan Rangka Ruang,
  2. Struktur Furnicular, yaitu kabel dan pelengkung,
  3. Struktur Plan dan Grid,
  4. Struktur Membran, meliputi Pneumatik dan struktur tent (tenda) dan net (jaring),
  5. Struktur Cangkang
Indonesia memiliki karya arsitektur bentang lebar yang menakjubkan, yaitu gudang untuk salah satu perusahaan Indonesia yang terletak di Kawasan Industri MM 2100 di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. Gudang ini memiliki luas kurang lebih 90.000 meter persegi, dan merupakan yang terbesar di Asia. Jarak antar tiang (kolom) paling dekat 18 meter dan paling jauh ada yang 36 meter. Bagian tengah gudang setinggi 17 meter dan bagian tepi 12 meter dengan kemiringan atap 3 derajat. Struktur gudang ini dengan sistem lantai panggung (suspended) dengan kekuatan lantai harus mampu memikul beban hingga 6 ton per meter perseginya. Pondasi dari tiang pancang berkedalaman rata-rata 15 meter dipancang sejarak masing-masing 4,5 meter antara satu tiang dengan lainnya.

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia