Minggu, 09 Juni 2013

METODE KONSTRUKSI

Metode konstruksi adalah suatu rangkaian kegiatan pelaksanaan konstruksi yang mengikuti prosedur dan telah dirancang sesuai dengan pengetahuan maupun standar yang telah diujicobakan. Dalam setiap pelaksanaan konstruksi dibutuhkan inovasi teknologi, agar berbagai kegiatan pembangunan dapat berjalan secara efisien dan efektif, serta diperoleh produk konstruksi yang lebih berkualitas.

Dalam pelaksanaan pembangunan yang menerapkan metode konstruksi dengan inivasi teknologi, meliputi rangkaian kegiatan dan urutan kegiatan pembangunan yang dipadukan dengan persyaratan kontrak (gambar, spesifikasi, jadwal penyelesaian), ketersediaan sumberdaya (tenaga kerja, material, peralatan) dan kondisi lingkungan seperti cuaca, kondisi tanah, dan lainnya.

Misalnya, untuk menguraikan metode konstruksi pada pembuatan pondasi di tempat fabrikasi (casting yard) sampai dengan pemasangan pondasi, perlu dipertimbangkan seluruh aspek kegiatan sejak dipersiapkan sampai dengan pemasangannya. Antara lain : kegiatan di tempat pembuatan, yang meliputi : penyiapan lahan, peralatan, pembuatan, dan penyiapan pengangkutannya. Di samping itu, untuk kegiatan transportasi mencakup : penyiapan alat transportasi dari tempat fabrikasi ke lokasi pelaksanaan. Juga kegiatan di lokasi pelaksanaan yang terdiri dari : penyiapan peralatan untuk penurunan, pemasangan,  penyiapan pengawasan, dan seterusnya.

2 komentar:

Posting Komentar

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia