Rabu, 03 April 2013

PASIR SEBAGAI MATERIAL KONSTRUKSI

Material konstruksi yang satu ini sudah tidak asing lagi. Para pelaku maupun non pelaku konstruksi pasti sudah mengenal material konstruksi bernama pasir. Namun ternyata pasir mempunyai berbagai jenis dan setiap jenis mempunyai fungsi dan kegunaannya masing-masing. Jika salah mengaplikasikannya maka akan berpengaruh pada kekuatan suatu konstruksi. Lebih fatal lagi jika kesalahan aplikasi pada struktur bangunan. Dalam dunia konstruksi, pasir merupakan material utama yang digunakan pada hampir setiap konstruksi bangunan, dari mulai struktur hingga non struktur.

Pasir digunakan sebagai ;
  1. Material urugan/pasir urug, yaitu pasir urug bawah pondasi, pasir urug bawah lantai, pasir urug di bawah pasangan paving block.
  2. Material mortar atau spesi/pasir pasangan, yaitu digunakan sebagai adukan untuk lantai kerja, pasangan pondasi batu kali, pasangan dinding bata, spesi untuk pemasangan keramik lantai dan keramik dinding, spesi untuk pasangan batu alam, plesteran dinding.
  3. Material campuran beton/pasir cor, yaitu untuk campuran beton bertulang maupun tidak bertulang, bisa kita jumpai dalam struktur pondasi beton bertulang, sloof, lantai, kolom, plat lantai, cor dak, ring balok, dan lain-lain.
Di samping itu masih banyak penggunaan pasir dalam bahan bangunan yang dipergunakan sebagai bahan campuran untuk pembuatan material cetak, seperti pembuatan paving block, kansteen, batako, dan lainnya.

Berdasarkan asal-usulnya, pasir dapat dikelompokkan dalam dua kategori, yaitu 
  1. Pasir Alam, yaitu pasir yang bersumber dari gunung, sungai, pasir laut, bekas rawa, dan dari pasir galian. 
  2. Pasir Pabrikasi, yaitu pasir yang didapat dari penggilingan bebatuan yang kemudian diolah dan disaring sesuai dengan ukuran maksimum dan minimum agregat halus.
Pada prinsipnya semua pasir dari sumber manapun harus dilakukan pengolahan sebelum diaplikasikan sebagai material konstruksi. Pasir harus dicuci dari kotoran dan harus dilakukan penyaringan sesuai dengan gradasi yang disyaratkan. Terutama pasir yang diambil dari alam, harus benar-benar dicuci untuk menghilangkan kandungan organik yang terkandung di dalam pasir tersebut.

2 komentar:

  1. ada yang butuh jasa renovasi di jakarta atau bangun rumah & toko kontak kami di
    http://solusirumahbocor.com/antara-tetangga-rumah-dan-kebocoran/
    http://metalsaranakreasi.com/jasa-kontraktor-atap-baja-ringan/
    http://renovasi-bangunrumah.com/biaya-renovasi-dan-bangun-rumah-awal-tahun-2017/
    http://hotdealrumah.com/biaya-bangun-ruko/
    http://timrenovasirumah.com/renovasi-rumah/
    http://indolandscaping.com/macam-pekerjan-pengaspalan/
    https://mitraciptagriya.com/kenapa-biaya-renovasi-rumah-lebih-mahal-dibanding-bangun-rumah/

    BalasHapus

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia