Minggu, 14 April 2013

HIDRAULICK JACK-IN PILE

Seiring dengan perkembangan proyek konstruksi, banyak alat-alat yang diciptakan dan dikembangkan untuk membantu dan mempermudah aktivitas proyek konstruksi tersebut. Alat tidak lagi sepenuhnya menggunakan tenaga manusia, tetapi manusia hanya menjadi bagian untuk proses pengoperasian alat tersebut. Oleh sebab itu, pemilihan alat sangat perlu direncanakan dengan tepat dan cermat sesuai dengan keadaan proyek dan kemampuan pekerja. Penggunaaan alat yang tidak tepat akan berpengaruh terhadap kinerja dari proyek tersebut.
Salah satu alat yang umumnya dipakai pada proyek bangunan adalah alat pancang untuk pekerjaan pondasi. Dengan keadaan proyek yang berada di tengah-tengah pemukiman padat, maka alat pancang yang sering digunakan adalah jack-in pile.
Jack-in pile adalah suatu system pemancangan pondasi tiang yang pelaksanaannya ditekan masuk ke dalam tanah dengan menggunakan dongkrak hidraulis yang diberi beban counterweight sehingga tidak menimbulkan getaran, dan gaya tekan dongkrak langsung dapat dibaca melalui manometer sehingga gaya tekan tiang setiap mencapai kedalaman tertentu dapat diketahui.
Pekerjaan dengan menggunakan jack-in pile ini memiliki keuntungan, antara lain bebas dari kebisingan, getaran, dan polusi. Pondasi tipe ini cocok digunakan pada daerah perkotaan atau daerah padat penduduk, sehingga aman buat bangunan di dekatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia