Jumat, 08 Maret 2013

BANTALAN KARET PEREDAM GEMPA

Indonesia sebagai wilayah yang rawan terhadap risiko gempa sudah selayaknya peduli dengan upaya pencegahan banyaknya korban yang jatuh akibat gempa. Pada dasarnya gempa bukan sesuatu yang mematikan, namun runtuhnya fasilitas infrastruktur akibat gempa tersebut yang mengakibatkan jatuhnya banyak korban. Untuk itu sudah selayaknya jika setiap infrastruktur baik bangunan gedung maupun yang lainnya difasilitasi alat peredam guncangan.


Salah satu bahan yang banyak digunakan adalah bantalan karet. Indonesia mempunyai teknologi pembuatan bantalan tahan gempa yang digunakan untuk rumah tinggal maupun gedung bertingkat serta jembatan. Bantalan yang digunakan terbuat dari kombinasi lempengan karet alam dan lempengan baja. Bantalan tersebut dipasang di setiap kolom, yaitu di antara pondasi dan bangunan.

Karet alam berfungsi untuk mengurangi getaran akibat gempa bumi, sedangkan lempengan baja digunakan untuk menambah kekakuan bantalan karet, sehingga penurunan bangunan saat bertumpu di atas bantalan karet tidak besar.

1 komentar:

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia