Kamis, 15 November 2012

TREN LAMPU LED

LED (Light Emitting Diode) adalah sebuah chip semikonduktor yang memancarkan cahaya ketika mengalirkan arus listrik. Lampu LED sangat fleksibel karena kemampuannya untuk mengeluarkan hampir semua spektrum cahaya, sehingga dipergunakan secara luas sebagai sumber cahaya untuk berbagai keperluan, seperti : lampu indicator, sinyal lalu lintas, dan saat ini LED dipergunakan sebagai lampu penerangan.

Meskipun lampu LED telah diketahui menghasilkan spektrum cahaya dan telah diproduksi sejak 1960-an, namun teknologi LED yang menghasilkan tingkat pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan penerangan, baru dikembangkan belum lama ini. Kecepatan inovasi dalam bidang pencahayaan LED, atau sering disebut SLL (Solid State Lighting), saat ini berkembang dengan luar biasa. Banyak produsen ternama yang turut mengembangkan lampu LED untuk kebutuhan penerangan.

Pengembangan lampu LED tentu saja bukan tanpa alasan, hanya saja saat ini lampu LED yang dijual di pasaran "terasa sangat mahal" harganya dibandingkan dengan lampu pijar atau lampu TL yang umum kita pakai di rumah. Namun, teknologi ini konon dapat menghemat energi hingga 80% dan masa pakainya yang lebih panjang, lebih ramah lingkungan karena tidak mengandung merkuri dan tidak panas saat digunakan, sehingga lebih aman.

Tingkat kebutuhan pasar terhadap teknologi LED di Indonesia sendiri diperkirakan telah tumbuh 20% - 30% dalam setahun terakhir. Permintaan meningkat seiring penurunan harga dan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap produk ramah lingkungan. Permintaan terus meningkat, terutama dari sektor periklanan, perhotelan, dan pusat perbelanjaan. LED juga diperkirakan akan segera menggantikan teknologi lampu konvensional, setidaknya dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia