Minggu, 18 November 2012

WATERPROOFING

Air kadang bisa menjadi "musuh" utama bangunan, terutama pada musim penghujan, atau pada area yang menyimpan air. Air kerap merepotkan kenyamanan penghuni, karena begitu sulitnya mencari sumber penyebab kebocoran. Pada atap atau dak bangunan, kerap terjadi kebocoran yang menahun. Konsekuensinya bangunan jadi terlihat kotor dan dapat menyebabkan kerusakan bangunan. Pada area yang menyimpan air, seperti bak kamar mandi atau kolam renang seringkali terjadi penyusutan volume air. Memberi lapisan waterproofing pada area-area tersebut akan mencegah terjadinya kebocoran. Jenis materialnya bisa disesuaikan kebutuhan, menggunakan jenis membran, coating, pasta logam, dan flashband.

Atap dan Dak

Aplikasi waterproofing pada atap dan dak dapat diklasifikasikan sebagai metode waterproofing eksterior. Untuk atap dan dak, sebaiknya aplikasi waterproofing dilakukan pada proses konstruksi. Untuk bagian atap, sistem coating paling umum digunakan. Menggunakan bahan polimer berbentuk bahan cat. Berbeda dengan dak yang memiliki karakter datar, sistem menbrane waterproofing cocok diterapkan. Waterproofing jenis membran terbuat dari bahan monomer kimia, etilene, propilena yang dicampur dengan bahan karet. Campuran ini akan membentuk senyawa yang kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca.

Wet Areas dan Tanking

Wet areas pada bangunan meliputi kamar mandi, dapur, dan kolam renang. Diperlukan penanganan waterproofing yang berbeda untuk tiap kebutuhan ruang. Sistem coating dan flashband addhisive merupakan pilihan terbaik untuk solusi pelindung rembesan air pada lantai dan dinding kamar mandi dan dapur. Untuk sistem pipa dan penampungan air, dapat disiasati dengan membeli tanki air berbahan dasar polyethylene murni, tanpa campuran atau komposisi daur ulang. Pastikan juga bahan dasarnya bersetifikat FDA (food grade), aman digunakan dan ramah lingkungan. Untuk perlindungan maksimal, lapisi area-area tersebut dengan waterproofing berteknologi hydrolock yang mudah diaplikasikan dan tahan lama.

1 komentar:

Posting Komentar

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia