Selasa, 10 April 2012

PANTAU PROYEK ANDA DARI JARAK JAUH

Pemantauan proyek di lapangan merupakan bagian penting dari pengelolaan proyek konstruksi. Kini sebuah teknologi mutakhir dapat mempermudah proses pemantauan pelaksanaan proyek konstruksi di lapangan dari jarak jauh.

EarthCam, suatu produsen kamera meluncurkan produk terbarunya berupa New 700 Megapixel Panorama Construction Cam pada ajang World of Concrete trade show, 24-27 Januari 2012 di LasVegas, Nevada.  Kamera ini mampu mendokumentasikan secara panorama proyek-proyek konstruksi skala kecil maupun besar. Dalam satu sapuan gerak pantauan ke seluruh lokasi kerja proyek, kamera ini dapat menangkap gambar dengan definisi tinggi. Kamera ini dirancang untuk penggunaan luar ruangan (outdoor), dan dapat diprogram untuk menangkap gambar seperti pemotretan selama 24 jam non stop.

Dengan teknologi ini, jajaran Project Manager dan juga General Manager di kantor pusat dapat melihat video streaming dari lapangan proyek, atau mengambil snapshot dari sebuah proyek yang sedang berlangsung setiap saat dari mana saja.

Menurut EarthCam, ini adalah solusi untuk pengarsipan dan dokumentasi proyek. Gambar-gambar yang dihasilkan dapat didistribusikan secara menyeluruh atau sebagian, dalam skala ukuran resolusi yang besar. Laporan yang didapat juga memberikan catatan kondisi cuaca saat itu dan data-data proyek lainnya.

Sistem ini juga dapat menjadi alat untuk review atau tinjauan ulang untuk pelaksanaan proyek yang lebih baik lagi ke depannya. Selain itu, jika terjadi keadaan yang tidak diinginkan dapat dipelajari melalui rekaman ulang. Dan dokumen yang dihasilkan, juga dapat menjadi alat bukti untuk menyelesaikan sengketa yang bisa saja terjadi pada suatu proyek konstruksi.

0 komentar:

Posting Komentar

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia