Jumat, 23 Maret 2012

BAHAN BANGUNAN RAMAH LINGKUNGAN

Indonesia adalah negara berkembang yang tidak luput dari kegiatan pembangunan. Pembangunan yang dilakukan tentu membutuhkan bahan bangunan. Bahan bangunan disediakan oleh alam yang mempunyai angka keterbatasan, yang pada suatu saat akan habis dan alam tidak dapat menyediakannya lagi, sehingga perlu usaha untuk melestarikannya. 

Melihat banyaknya sumber daya alam yang telah dieksploitasi untuk memenuhi kebutukan manusia dan pembangunan, maka konsep pembangunan yang berkelanjutan merupakan alternatif terbaik saat ini. Konsep berkelanjutan (sustainable) menawarkan penyeimbangan antara pemeliharaan kelestarian alam dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang makin berkembang di masa depan. Oleh sebab itu, perlu direncanakan sejak awal design untuk memilih penggunaan bahan bangunan yang sustainable (berkelanjutan) dan ramah lingkungan.

Yang dimaksud dengan Bahan Bangunan Ramah Lingkungan adalah bahan bangunan yang proses perubahan transformasi atau teknologinya makin sedikit, tidak merusak lingkungan, dan tidak mengganggu kesehatan manusia.

Dengan latar belakang hal-hal di atas, maka Bahan Bangunan Ramah Lingkungan dapat digolongkan dalam 4 (empat) golongan sebagai berikut :
  1. Bahan bangunan yang dapat dibudidayakan kembali (regeneratif), seperti : kayu, bambu, rotan, rumbia, alang-alang, dll.
  2. Bahan bangunan alam yang dapat digunakan kembali (recycling), seperti : tanah, pasir, kapur, batu, dll.
  3. Bahan bangunan buatan yang dapat digunakan kembali dalam fungsi yang berbeda. Bahan bangunan ini didapat dari limbah / sampah dari perusahaan industri. Biasanya material ini dalam bentuk bahan pembungkus / kemasan, seperti kardus dan kertas, kaleng dan botol bekas.
  4. Bahan bangunan alam yang mengalami perubahan transformasi sederhana, seperti : batu bata, genteng tanah liat, dll.
Bangunan Sekolah Ramah Lingkungan di Bali

4 komentar:

  1. Untuk solusi bangunan tahan gempa, ramah lingkungan, cepat dalam pelaksanaan, hemat pemakaian listrik (AC), kedap suhu dan suara, dan beberapa keuntungan lainnya, silakan klik link berikut : www.b-panel.co.id

    Untuk info lebih lanjut hubungi : Rosalia - PT. Beton Elemenindo Putra di 082124633015

    Terima kasih
    Rosalia

    BalasHapus
  2. Anda dapat menggunakan bahan material bangunan berupa bata hebel agar ramah lingkungan.

    BalasHapus
  3. Bahan bangunan apa saja yang tidak dapat dibudidayakan

    BalasHapus
  4. Ayo Daftar Sekarang, Klaim Freechip Tanpa Deposit Setiap Hari... Join Disini Banyak Jenis Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

    BalasHapus

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia