Minggu, 31 Agustus 2014

SEMEN PCC RAMAH LINGKUNGAN


Dengan perkembangan industri semen saat ini, pabrikan semen telah mulai memproduksi berbagai tipe semen, dengan aplikasi penggunaan yang hampir mirip. Misalnya, produk Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe 1 dan Portland Composite Cement (PCC). 
Lantas apa yang membedakan kedua jenis semen tersebut, khususnya terkait standar maupun aplikasi atau peruntukannya?

Semen OPC Tipe 1 diproduksi berdasarkan SNI 15-2049-2004. Sedangkan mengenai penggunaannya cocok untuk berbagai macam aplikasi beton, di mana syarat-syarat khusus tidak diperlukan.
Sementara itu, untuk semen PCC diproduksi berdasarkan SNI 15-7064-2004. Semen tipe ini pada dasarnya merupakan Semen Portland yang dicampur dengan aditif bersifat cementitious. Untuk bahan campuran PCC di Indonesia pada saat ini sebagian besar menggunakan abu terbang dan bahan-bahan cementitious lainnya (dalam jumlah yang lebih kecil), dengan porsi semen portland berkisar 80-85 persen. Dengan komposisi PCC tersebut, dapat dikategorikan sebagai suatu variant semen yang mendukung produksi beton ke arah yang lebih ramah lingkungan (mengurangi gas CO2 ke udara), karena mengurangi energi bahan bakar (batubara) dan bahan baku dengan optimalisasi penggunaan klinker (terak).

Semen PCC memiliki kualitas yang bagus. Selain dikenal lebih ramah lingkungan, kualitas semen ini setara dengan Semen Tipe 1, namun sedikit perbedaan dalam karakteristiknya. Kuat tekan Semen Tipe 1 akan sedikit lebih tinggi di umur awal (kurang dari 1 tahun) dan kuat tekan PCC akan lebih tinggi di umur panjang (lebih dari 1 tahun). Keunggulan lainnya adalah PCC lebih mudah dalam pengerjaanya (workability), suhu beton (panas hidrasi) lebih rendah sehingga tidak mudah retak, lebih tahan terhadap serangan sulfat, lebih kedap air, dan permukaan lebih halus.

Untuk bangunan biasa dengan jumlah lantai tidak terlalu tinggi, direkomendasikan penggunaan semen PCC pada pasangan dan plesteran dinding bata, sedangkan untuk kolom, balok, dan lantai beton sebaiknya menggunakan Semen Tipe 1. 
Dengan penggunaan semen jenis PCC, berarti telah menghemat sumber daya alam dan energi, sehingga lebih ramah lingkungan.


Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia