Selasa, 26 November 2013

PEDOMAN ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN (AHSP)

Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektifitas kegiatan pembangunan bidang pekerjaan umum, diperlukan acuan dasar perhitungan Harga Satuan Pekerjaan (HSP) untuk menghitung biaya pembangunan terkait dengan konstruksi. Untuk itu Kementerian Pekerjaan Umum telah mengeluarkan Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum (AHSP).

Pedoman AHSP merupakan buku yang dapat memandu analisis Harga Satuan Dasar dan Harga Satuan Pekerjaan, tahap-tahap pembuatan Harga Perkiraan Perencana (HPP) atau Engineering's Estimate (EE) bagi penyedia jasa dan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owner's Estimate (OE) bagi unsur pelaksana pengadaan pekerjaan konstruksi bidang Pekerjaan Umum.

Dengan tersedianya pedoman AHSP, diperoleh keseragaman dan persamaan metode dalam proses penyusunan HPP maupun HPS untuk mengevaluasi harga satuan pekerjaan (bila diperlukan) pada saat pengadaan maupun pelaksanaan pekerjaan fisik. Untuk penyempurnaan pedoman agar sesuai dengan penerapan di lapangan, maka diharapkan masukan-masukan berupa tanggapan dan saran.

Layanan informasi :
Sekretariat Panitia Teknis 91-01
Badan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil
Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru,
Jakarta Selatan 12110
Telp/Fax : 021-7262937/021-7395062
Email : mastan.balitbang@pu.go.id
Website : http://litbang.pu.go.id

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia