Minggu, 17 November 2013

KOMPETENSI MANAJER PROYEK

Dalam kegiatan pelaksanaan proyek, manajer proyek dituntut profesional dalam bidang manajemen proyek. Memiliki tanggung jawab; mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga masa pemeliharaan suatu proyek. Untuk menghasilkan kinerja yang baik, sebuah proyek harus di-menej oleh manajer proyek yang berkualitas bagus, serta memiliki kompetensi.
Manajer proyek yang berkompeten memiliki; ilmu pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill) dan sikap (attitude). Ketiga unsur ini merupakan hal yang penting dalam menentukan keberhasilan proyek. Suatu proyek akan dinyatakan berhasil apabila proyek dapat diselesaikan sesuai dengan waktu, ruang lingkup dan biaya yang telah direncanakan.
Untuk itu pimpinan proyek (manajer proyek) merupakan individu yang paling menentukan keberhasilan atau kegagalan proyek. Karena dalam hal ini dia adalah orang yang memegang peranan penting dalam mengintegrasikan, mengkoordinasikan semua sumber daya yang dimiliki dan bertanggung jawab sepenuhnya atas keberhasilan dalam pencapaian sasaran proyek. Dengan demikian, manajer proyek seyogyanya menguasai manajemen ruang lingkup, manajemen waktu, biaya, kualitas, SDM, pengadaan, manajemen komunikasi, resiko dan manajemen integrasi.
Setelah merasa cukup menguasai bidang pekerjaan yang sedang dijalani, maka disarankan untuk dapat mengambil sertifikasi manajemen proyek. Adapun panduan referensi standar internasional yang kerap dipergunakan di bidang tersebut adalah mengacu pada Project Management Body Of Knowledge (PMBOK).

0 komentar:

Posting Komentar

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia