Rabu, 18 Juli 2012

SOIL INVESTIGATION IT'S A MUST

Dalam setiap proses perencanaan sampai dengan pelaksanaan konstruksi, ada satu tahapan yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Tahapan itu adalah survey awal yang bersifat teknis, yaitu survey topografi dan soil investigasi (soil test).


Berdasarkan dari hasil survey awal yang bersifat teknis itulah, dapat ditentukan di mana posisi dan komposisi terbaik, terutama dari sisi kekuatan sub structure maupun upper structure, agar menghasilkan bentuk design optimal sesuai dengan maksud dan tujuan proyek konstruksi tersebut. 

Terkait kekuatan struktur, sub bidang pekerjaan survey soil investigasi (soil test) memberikan informasi jenis lapisan tanah dan kekuatan daya dukung tanah kepada konsultan perencana sebagai pihak yang mengambil keputusan dan justifikasi dalam menentukan jenis sub structure (pondasi), upper structure (struktur atas), dan metode konstruksi apa yang akan digunakan.

Sementara, proses survey topografi dilakukan untuk mengetahui tingkat elevasi tanah, seperti kontur, luas lahan, dan situasi serta kondisi lingkungan existing, di mana akan dijadikan lahan untuk pelaksanaan proyek konstruksi.

Survey topografi dan soil investigasi adalah kebutuhan sangat vital untuk suatu proyek konstruksi, jadi bukan hanya dijadikan sebagai dokumen pelengkap dalam hal proses administrasi dan perijinan.

0 komentar:

Posting Komentar

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia