Sabtu, 18 Februari 2012

Hasil Audit Tim Investigasi Jembatan Kutai Kartanegara

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh 26 Nopember 2011
Tim Investigasi runtuhnya jembatan Kutai Kartanegara, menyimpulkan bahwa jembatan gantung sepanjang 710 meter yang melintas di atas sungai Mahakam, Kalimantan Timur tersebut runtuh akibat akumulasi berbagai kelemahan yang terjadi sejak perencanaan, pelaksanaan, hingga tahap operasi, maupun pemeliharaan (lack of knowlegde).

Menurut ketua tim, Prof. Ir. Iswandi Imran, MASc, Ph.D, proses keruntuhan jembatan dipicu oleh terjadinya akumulasi tegangan dari berbagai faktor. Termasuk adanya perlemahan dan stress concentration pada sistem sambungan (clamp) antara batang hanger dengan kabel utama yang merupakan elemen kritis dari struktur jembatan tersebut.

Menanggapi hasil kesimpulan evaluasi tim investigasi tersebut, Menteri Pekerjaan Umum, Ir. Djoko Kirmanto, Dipl. HE, mengungkapkam bahwa pemerintah tidak akan mengambil kebijakan untuk menghentikan sementara dalam jangka waktu tertentu (moratorium) terkait pembangunan jembatan gantung bentang panjang di Indonesia. Justru akan mendorong dan terus mencari tenaga-tenaga anak bangsa yang lebih profesional untuk terus berkarya. Yang penting dari kejadian ini dapat dipetik pelajaran agar tidak terjadi kesalahan serupa.

0 komentar:

Posting Komentar

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia