Minggu, 02 Maret 2014

PERKUATAN GEOTEXTILE


Geotextile adalah lembaran sintesis yang tipis, fleksibel, dan permiabel, yang digunakan untuk stabilisasi dan perbaikan tanah dikaitkan dengan pekerjaan teknik sipil. Pemanfaatan geotextile merupakan cara modern dalam usaha untuk perkuatan tanah lunak. Beberapa fungsi dari geotextile yaitu untuk perkuatan tanah lunak, untuk konstruksi teknik sipil yang mempunyai umur rencana cukup lama dan mendukung beban yang besar, seperti jalan raya, jalan rel, dan dinding penahan tanah. Juga berguna sebagai pemisah, penyaring, drainase dan sebagai lapisan pelindung. Namun geotextile dapat digunakan pula sebagai perkuatan timbunan pada kasus antara lain : timbunan tanah di atas tanah lunak, timbunan di atas pondasi tiang, dan timbunan di atas tanah yang rawan ambles (subsidence).
Pelaksanaan konstruksi jalan di atas tanah lunak dengan perkuatan geotextile dapat menghindarkan terjadinya keruntuhan lokal pada tanah lunak karena rendahnya daya dukung tanah. Keuntungan pemasangan geotextile pada pelaksanaan jalan di atas tanah lunak adalah kecepatan dalam pelaksanaan dan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan metoda penimbunan konvensional.
Pemilihan geotextile untuk perkuatan dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu : faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari kuat tarik geotextile, sifat perpanjangan (creep), struktur geotextile, dan daya tahan terhadap faktor lingkungan. Faktor eksternal terdiri dari jenis bahan timbunan yang berinteraksi dengan geotextile. Struktur geotextile, yaitu jenis anyam atau niranyam juga mempengaruhi pada pemilihan geotextile untuk perkuatan.
Kondisi lingkungan juga memberikan reduksi terhadap kuat tarik geotextile, karena reaksi kimia antar geotextile dan lingkungan di sekitarnya. Sinar ultraviolet, air laut, kondisi asam atau basa serta mikro-organisme seperti bakteri dapat mengurangi kekuatan geotextile. Waktu pembebanan juga mempengaruhi, karena akan terjadi degradasi oleh faktor fatigue dan aging.

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia