Rabu, 24 Juli 2013

LED, SISTEM TEKNOLOGI PENCAHAYAAN MASA DEPAN

Di dunia pencahayaan, teknologi LED semakin popular akhir-akhir ini, bahkan dinyatakan sebagai system teknologi pencahayaan masa depan. Dengan munculnya LED, telah menggantikan system pencahayaan lama, seperti lampu pijar tradisional, lampu neon, dan lampu halogen. LED yang didesain untuk ruang dalam dan luar ini, memiliki teknologi yang efisien, hemat energy, ramah lingkungan, bersifat dingin, serta suhu dan pencahayaan dapat dengan mudah diatur. Sehingga bagi dunia teknik pencahayaan, LED disebut sebagai system pencahayaan pintar.

LED (Light Emitting Diode), adalah salah satu komponen elektronika yang terbuat dari bahan semi konduktor jenis diode yang mampu mengeluarkan cahaya. Hal yang menarik dari penggunaan system teknologi pencahayaan ini pada suatu ruang, dapat langsung dirasakan adanya pancaran gelombang kedua dan ketiga yang mengubah suhu warna, mengubah suasana ruang, mampu mengintegrasikan fungsi, seperti WiFi dan system alarm, karena benda-benda berteknologi ini dapat mendeteksi kehadiran pancaran cahaya dari LED.

Pencahayaan LED dihadirkan dalam LED putih dan warna, di mana LED warna ini sudah mengambil alih pasar pencahayaan luar, seperti lampu lalu lintas, lampu ekor otomotif, lampu reklame pertokoan, serta aplikasi desain khusus lainnya. Sedangkan untuk LED putih meskipun desainnya muncul enam tahun lebih awal dari LED warna, para ahli di bidang pencahayaan LED belum bisa menghasilkan LED putih dengan energy yang efisien dan tahan lama. Sehingga pemakaiannya sangat mahal. Namun begitu, para ahli terus bekerja keras untuk menghasilkan LED putih yang dapat digunakan sebagai system pencahayaan sehari-hari yang efisien dan tahan lama. Pada tahun ini, penelitian mulai menunjukkan hasil yang diharapkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Video Anda

Asosiasi

Asosiasi
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia